Minggu, 03 Maret 2019

Cara Mudah Membuat Papan Nama Dari Akrilik

Seringkali kita jumpai, khususnya pada tempat layanan publik, adanya papan nama yang bertengger di atas meja atau loket.  Hal ini biasanya berisi informasi nama, jabatan, nomor atau petunjuk informasi lain. Pada gedung perkantoran misalnya, Papan nama juga dipakai untuk memberitahu posisi si pemilik meja. Papan nama ini terbuat dari bermacam macam material. Misalnya dari kayu yang diukir sedemikian rupa. Tapi, yang paling umum ditemukan adalah papan nama dengan akrilik.

Jika biasanya kita pergi ke layanan jasa digital printing untuk membuat papan nama akrilik, sekarang anda sudah bisa membuat nya sendiri dengan mudah dirumah. Bukan hanya karena lebih praktis, tetapi papan nama akrilik yang dibuat secara manual umumnya lebih tahan lama dengan yang diproduksi melalui digital. Lalu, bagaiamana  cara membuat papan nama akrilik secara manual? dan kira kira, berapakah biaya yang dibutuhkan?

Cara Mudah Membuat Papan Nama Akrilik di Rumah Beserta Harga Bahannya


Mari kita simak langkah langkah cara membuat papan nama huruf timbul akrilik yang kami kutip dari  GoSign berikut ini
Pertama tama, siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan:

1. Akrilik bening. Harganya sekitar Rp 235.000 - Rp 265.000 untuk ukuran 100 cm x 200 cm dan tebal 2mm. 
2. Pulpen atau pensil untuk mengukir tulisan atau gambar.
3. Kertas karton, di rekomendasikan karton buffalo kemudian siapkan 3 lembar atau lebih untuk cadangan.  
4. Cutter.
5. Dan terakhir Pilox atau cat warna sesuai dengan keinginan.

Setelah alat dan bahan disiapkan, tentukan ukuran papan nama yang diinginkan serta bentuk tulisan. Karena proses pembuatan papan nama dengan manual lebih sulit dibanding digital, biasanya orang - orang hanya membuat tulisan nya saja tanpa gambar. Tetapi, jika kalian tidak ada kendala dalam menggambar, maka hal ini tidak akan jadi masalah.

Setelah menentukan ukuran, tulisan ataupun gambar dan hiasan, mulai ukir di atas karton dengan bentuk huruf balok. Kemudian, potong sisi dalam huruf menggunakan cutter secara perlahan.

Jika sudah selesai, tempelkan  karton tersebut di atas papan akrilik kemudian semprot dengan pilox. Atau bisa juga menggunakan busa dan kuas yang sudah dicelupkan ke dalam cat warna.

Bagi anda yang ingin membuat huruf di papan akrilik hanya menggunakan 1 warna, anda bisa mencoba untuk memakai pilox. Tapi, jika anda lebih suka papan nama akrilik anda berwarna warni pada huruf dan ornamen gambar nya, kalian bisa menggunakan cat warna akrilik, agar mendapat pilihan warna lebih banyak.

Perbedaan harga pilox dan cat warna akrilik pun cukup beragam. Kira - kira, untuk pilox satu warna bisa ditemukan dengan harga Rp 25.000 sementara untuk cat akrilik kecil dijual dengan harga Rp 65.000 - Rp 100.000 lebih, baik di online maupun di toko buku terdekat.

Perlu diperhatikan untuk pemilihan cat warna, pastikan terlebih dahulu dimana letak papan nama akrilik yang nantinya akan digunakan. Karena, cat warna outdoor dan indoor memilki kepekatan yang berbeda. Gunakanlah cat warna khusus outdoor jika akan menaruh papan akrilik di luar ruangan. Hal ini akan membantu warna pada papan akrilik lebih tahan lama dan tidak mudah rusak terkena sinar matahari. 

Sekian tutorial mudah untuk membuat papan nama dari Akrilik. Bagi para pembaca yang masih dibawah umur,  akan lebih baik jika meminta pengawasan dari orang yang lebih dewasa untuk proses cutting dan pewarnaan papan.

Atau mungkin diantara anda ada yang ingin lebih praktis dengan menggunakan jasa profesional. Sebelum itu silahkan baca artikel berikut:


Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba dirumah.

Manfaat Lanyard Dalam Event Olahraga

Manfaat Lanyard Dalam Event Olahraga - Tali lanyard, apa itu? Tali ini adalah diantara tipe tali gantungan yang dipakai untuk menggantung k...